Harga Tiket Masuk Wisata Apel di Malang

Harga Tiket Masuk Wisata Kebun Apel Malang
Paket 1, Wisata Petik 2 Apel /Jeruk/ Strawberry, Roti Bakar, Jus Buah. (Weekday Rp.45.000, Weekend Rp 50.000)
Paket 2, Wisata Petik 2 Apel/ Jeruk/ Strawberry, Nasi Goreng Apel/ Bakmi Goreng, Jus Buah. (Weekday Rp.55.000, Weekend Rp 60.000).

Latar Belakang

Rasa apel yang asam dan manis membuat buah ini digemari banyak orang. Di Indonesia, buah apel yang cukup terkenal yaitu apel Malang. Benar, Malang khususnya kota Batu memang menjadi sentra industri buah apel. Maka dari itu kota ini sering dijuluki sebagai kota apel.

jika Anda pergi ke kota Batu Malang wajib mencicipi buah ini. Tak hanya sekedar mencicipi, Anda bahkan bisa memetik buah apel segar langsung dari pohonnya. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi adalah Kusuma Agrowisata Batu.

Tempat ini merupakan pelopor wisata agro di Indonesia. Sejatinya Kusuma Agrowisata adalah hotel dan lokasi wisata agro. Kalau biasanya hotel memberikan fasilitas wisata kepada pengunjungnya, Kusuma Agrowisata Batu justru kebalikannya. Wisata agro ini merupakan satu-satunya wisata yang menawarkan hotel sebagai fasilitas pendukungnya.
Wisata Petik Apelwisata petik apel

Di area wisata ini anda dapat langsung memetik sendiri buah apel dari pohon dan ditemani oleh pemandu kusuma agrowisata. Pemandu kusuma agrowisata akan menjelaskan tentang budidaya tanaman dan hal-hal yang berkaitan tentang buah-buah tersebut. Seperti cara menanam pohon apel dan juga cara merawat pohon apel dengan baik dan benar, sampai bagaimana memanen apel dan mengenali buah apel dengan bagus supaya hasil yang didapat tidak mengecewakan.

Kusuma Agrowisata terletak pada ketinggian ±1000 meter dari permukaan laut yaitu di Jl. Abdul Gani Atas.

Kusuma Agrowisata memiliki 5 paket wisata apel. Paket-paket tersebut memiliki fasilitas dan harga yang berbeda-beda. Paket paling murah bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 32.000. Sedangkan yang paling mahal adalah sekitar Rp 54.000. Paket wisata tersebut sudah termasuk tiket masuk kebun, memetik apel, dan aneka makanan serta minuman. Namun untuk bisa menikmati suasana perkebunan menggunakan mobil wisata, Anda harus membayar Rp 10.000 per orang.Petik Apel Malang

Anda boleh memetik dan makan apel sepuasnya dengan waktu yang bebas selama masih berada di dalam kebun petik apel malang. Ada 2 macam apel, kalau suka apel yang agak masam bisa petik yang berkulit kemerahan, sedangkan buah yang hijau rasanya lebih manis. Berikut penjelasan tentang jenis buah apel di tempat wisata kami :

1. Apel Manalagi

Apel ini sering dijumpai di kios buah dimanapun berada. Karena apel jenis manalagi ini adalah apel yang paling banyak ditanam di kebun milik petani. Buahnya rasanya manis, agak keras sedikit, namun kalau umur apel sudah benar-benar matang buahnya akan renyah. Apel manalagi ini juga lebih tahan lama dibandingkan apel yang lainnya. Warnanya hijau kekuningan. Kalau sudah sangat tua buah ini berwarna lebih kuning. Baunya juga harum. Di wisata petik apel ini buah yang banyak adalah jenis ini. Walaupun ada juga buah yang lainnya. Apel manalagi ini cocok sekali kalau dibawa untuk oleh-oleh, karena bisa tahan hingga 1 bulan.

2. Apel Rome Beauty

Apel yang satu ini buahnya berwarna merah. Walaupun kadang dominan hijau, tapi pasti bersembur warna merah. Bentuk buahnya seperti manalagi bulat. Buah ini agak keras cenderung renyah kalau sudah sangat matang. Ada rasa asam sedikit. Rome beauty ini biasanya sering digunakan sebagai bahan dasar sari apel yang sering kamu temui di toko oleh-oleh.apel malang wisata petik apel

Perkebunan apel ini bisa Anda jelajahi mulai pukul 8.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari area Jatim Park membuat tempat ini cukup mudah dijangkau. Dari Terminal Kota Malang dapat ditempuh dalam waktu 40 menit. Aksesnya sama seperti menuju ke Batu Secret Zoo, namun ketika sampai di pertigaan Karangploso Anda ikuti terus jalan ini hingga ada jalan satu arah. Di sudut ini terdapat kantor Koramil. Di sepanjang jalan menanjak tersebut Anda akan menemui kompleks kantor pemerintahan kota Batu. Ikuti terus sampai ujung jalan hingga menemui pertigaan. Anda cukup belok kiri karena itulah gerbang menuju lokasi wisata Kusuma Agrowisata.

Akses yang Anda lewati persis dengan akses ke Batu Secret Zoo, tetapi pada saat Anda tiba di pertigaan Karangploso, ikutilah terus jalan tersebut sebab jalan tersebut merupakan jalan satu arah. Jika Anda tersesat di tengah jalan, dari sini Anda dapat bertanya kepada orang sekitar, karena mereka sudah hafal jalan menuju Agrowisata Malang.

Wisata yang ditawarkan adalah perkebunan yang menyediakan layanan wisata petik di kebun apel, jeruk, jambu merah, buah naga, stroberi dan sayur hidroponik bebas pestisida. Selain wisata petik, objek wisata berhawa sejuk ini juga menawarkan wahana outbound seperti bermain War Game di arena airsoft gun, mengendarai ATV di mini off-road track dan flying fox.wisata-petik-apel-kusuma-agrowisata

Sumber : wisataterindah.net