Lombok oh Lombok, Sayangnya, Tak Habis Kau Nikmati, Termasuk Pulau Burung Pipit

Gili Kedis (S) Wekuy.com
Lombok oh Lombok, di tanahmu banyak sekali tempat-tempat indah, cantik dan menarik. Namun sayang, tentu saja tak semua lokasi bisa dinikmati. Saking banyaknya, kali ya?. Salah satunya adalah Pulau Kedis.

Nama Pulau Gili Kedis diambil dari bahasa Sasak, Lombok, yang berarti burung pipit. Kata para wisatawan, Gili kedis juga disebut sebagai romantic island karena suasana tenang dan panorama menakjubkan yang dimilikinya. Jadi, jangan sangka untuk romantis-romatisan dengan pasangan yang bukan muhrim.

Lokasi Gili Kedis

Gili Kedis ini berada di daerah Sekotong tengah, pesisir Barat Daya Pulau Lombok. Tepatnya di Kabupaten Lombok Barat. Untuk mengunjungi Gili Kedis Anda harus berkendara dengan menempuh waktu kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Mataram atau dari Bandara Internasional Lombok, Praya ke Pelabuhan Tawun.

Dari Tawun Anda harus menyebrang dengan menggunakan perahu (boat). Karena tak ada public boat jadi kita harus menyewa (charter) boat tersebut. Harganya +-200rb untuk 1 boat PP. Alternatif lainnya adalah menyewa boat dari Perkampungan nelayan di samping Pelabuhan Lembar dengan harga +-300 ribu/ boat.

Dapat apa di Gili Kedis?

Keindahan yang disuguhkan oleh ciptaan Allah SWT, yaitu Gili Kedis diantaranya adalah air lautnya yang sangat jernih dan bersih. Memandangnya Anda akan tergiur untuk melakukan snorkeling atau mungki sekedar berenang. Gili kedis juga memiliki surga bawah laut yang luar biasa menakjubkan.

Selain itu, Anda juga bisa berenang di air laut yang dangkal, sambil bermain dengan eloknya indahnya ikan-ikan dan terumbu karang. Kekayaan bawah laut Gili Kedis akan semakin tampak dan memukau, apabila Anda anda ber-snorkeling.

Di Gili Kedis Anda juga bisa bersantai,  menikmati pemandangan, berjemur, dan bahkan berkemah.  Jika Anda berkesempatan kemah, maka momen sunset dan sunrise juga bisa Anda Nikmati. Bayangkan saja bagaimana indahnya sang mentari saat tenggelam perlahan dan muncul malu malu dari ufuk timur.


Fasilitas di Gili Kedis

Di gili kedis ada berugak atau tempat berteduh, ada juga pepohonan.  Jika memliki hammock, Anda bisa menggantungnya di pepohonan, atau menggelar kain pantai dan menikmati keindahan pantai tak berpenghuni ini.

Abadikan setiap momen di private island ini, karena setiap jengkalnya memiliki keindahan yang sulit Anda dapatkan di tempat lain. Fasilitas lainnya, Anda tak perlu membayar tiket masuk untuk bersantai di gili kedis ini. Kecuali Pemda Lombok Barat menetapkanya suatu saat nanti.

Nulis Lagi ah Soal Gili Kedis.

Salah satu yang cukup indah dan menarik di Lombok adalah adalah pulau Kedis, Walau cukup mungil, pulau kedis banyak ditumbuhi tanaman peneduh yang memiliki pemandangan asri dan alami.

Untuk yang suka koleksi pasir, bisa ambil segenggam saja di Pulau Kedis, Lombok. Pulau Kedis Pasirnya begitu putih didampingi batu karang yang begitu unik seperti, pokoknya indah deh dengan air yang amat jernih.

Di Pulau Kedis, Anda juga akan terpesona melihat ikan-ikan kecil berenang di sekitarnya.

Kembali ke Lombok oh Lombok. Lombok tak bisa dinikmati secara nyata, oleh orang Lombok Sendiri.  Tapi terimakasihlah, karena sudah memberi manfaat untuk orang lombok sendiri.

Selain membahas pulau Kedis,  Juwitour juga akan membahas tentang beberapa hotel yang unik dan keren di Lombok yang pasti dalam lubuk hati terdalam Anda, mengatakan, ingin rasanya tinggal selama mungkin disini. Namun apa kan daya. Haha.

Selain itu, akan membahas pula tentang beragam alasan mengapa Gili (Trawangan, Air dan Meno) layak jadi destinasi liburan yang bukan sebatas untuk melepas galau Anda.

Lombok tak hanya memiliki Gili yang menyerupai kepingan surga, atau Gunung Rinjani  yang sangat menantang untuk didaki. Namun di Lombok ada sebuah pantai yang menyerupai planet asing dan pantai dengan pasir berwarna pink alias merah janda. Eh Salah, merah duda. Salah Lagi. Merah muda.

"Kalau ingin mencari tempat liburan favorit lain selain Bali, maka Lombok adalah sebuah destinasi tak terduga yang layak untuk diperhitungkan" kata sahabat saya. Nah ini dia pembahasannya soal lengkap soal Gili Kedis.

Kembali ke Gili Kedis, atau Gili Burung Pipit. Jika Anda datang ke pulau ini, Anda akan merasakan seperti di film Cast Away yang berkisah tentang pria yang terdampar di sebuah pulau seorang diri.  Anda bisa merasakannya langsung di Gili Kedis, pulau kecil tak berpenghuni yang terletak di pesisir barat daya Pulau Lombok.

Jika dibandingkan dengan Gili Trawangan, Gili Meno atau Gili Air, Gili Kedis sih kurang populer, karena penginjungnya belum terlalu banyak, namun, jika Anda ke pulau Kedis, serasa hanya Anda yang memilikinya.

Karena ukurannya cukup kecil, Anda hanya butuh waktu selama 10 menit saja untuk mengelilinginya. Makanya warga lokal menyebutnya Gili Kedis atau “Pulau burung pipit”. Lombok itu kaya ya? 

Suasananya yang romantis sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu dengan pasangan, tapi pasangan yang udah sah ya. Karena dengan pasangan yang sudah sah di pulau pribadi ini Anda bisa sambil menyaksikan sunrise atau sunset nan eksotis. Wajar saja kalau Gili Kedis juga dijuluki Honeymoon Island.