Asrul Sani : Terimakasih, Selain Kesehatan, PIRT dukung Pengembangan UKM

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur, drg. H. Asrul Sani,M.Kes menyampaikan terimakasih kepada Yayasan Gema Alam dan For Bongkot untuk advokasi dan kampanye pentingnya memperjuangkan izin Pangan dan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Advokasi dan kampanye PIRT tersebut, bagi Asrul Sani adalah bentuk partisipasi yang mengingatkan Stakeholder untuk estafet bermitra membina usaha kreatif warga.

 “Peran LSM sangat membantu dalam advokasi, terkait pentingnya izin industri rumah tangga memiliki PIRT,”kata Asrul Sani.  

Asrul Sani juga menjelaskan bahwa di Dinas Kesehatan ada Seksi Kefarmasian, makanan dan minuman, ada juga laboratorium untuk urusan tersebut. Jika masyarakat memiliki usaha industri rumah tangga dan bersedia mengurus izinnya, banyak kemudahan yang akan di dapatkan termasuk soal perkembangan usahanya. 

Diantara kemudahan yang bisa didapatkan warga adalah soal pasaran usaha dan kepercayaan masyarakat. Jika pasar sudah luas dan masyarakat banyak yang membutuhkan produknya, maka peluang-peluang lain bisa pula didapatkan.

Asrul juga mengatakan bahwa pola pikir seperti ini banyak disumbangkan LSM dalam membina masyarakat,  itu sebabnya Gema Alam dan For Bongkot memfasilitasi warga menghadirkan Dinas lain yang terkait perindustrian di acara tersebut.  “Kalau kami, ya, soal PIRT tadi,” demikian Asrul (mz).