Debat Calon Gubernur NTB 2018 soal Kuliner Bakso Solo

Pegang Bebek, Berdoa untuk Kue Kerake
Dari sudut Kuliner, calon yang akan bertarung dalam Pilkada NTB 2018 adalah Kue Kerake, Nasi Puyung, Ayam Taliwang, dan Sate Bulayak.  Demikian kesimpulan debat itu. Lalu siapa yang akan diprediksi keluar sebagai pemenang? Baca dulu asal usulnya.

Jadi begini. Hari itu (16/02/2017) kami ditemani secangkir kopi . Eh, salah, tepatnya 2 (dua) cangkir Kopi dari tuan rumah. Bang Hari Hartawan, namanya. Waktu itu ba’da dzuhur atau sesudah waktu dzuhur. Sekitar jam 16.30 atau tepatnya waktu ashar.  Kami duduk manis diatas kursi rotan sambil berbicara Pilkada DKI Jakarta 2017. Pilkada bersejarah yang terasa bak Pilkades karena rasanya seolah-olah berlangsung di NTB saja.

Singkat cerita kami beda pendapat soal Jokowi yang pada Pilpres 2014 silam sukses menuju RI satu. Hari Hartawan, yang saya panggil bang itu tidak pernah memprediksikan bahwa Jokowi bisa kalah melawan Prabowo saat Pemilihan Presiden, walau Jokowi tak punya partai (Bukan Partai Pengusung).

Karena menurut pendapatnya, (Hari Hartawan) Politik sahabat dari Solo itu hebat-hebat. Disaat itu pula terlontar dalam adu pendapat, spontan ia menuding bahwa Saya belum tau bagaimana hebatnya Politik teman-teman dari Solo.

“Anda lihat saja, Bakso Solo itu ada dimana-mana,” jawabnya, sangat serius dan mengundang debat panjang. Saya kemudian menjawab tegas (sambil tertawa sih) mempertanyakan kehebatan Politik Jokowi yang didasarkan dari sudut pandang Bakso Solo.

Pilkada NTB 2018, Kerake dan  Ayam Taliwang
Perolehan Suara Pikada NTB, Kerake dan Nasi Puyung
Pemilihan Gubernur NTB, Kerake dan Sate Bulayak
99 Hikmah TGB MZM Diihtiarkan Menjadi Presiden
Jakarta Pun Berdo’a TGB MZM Presiden RI
Kata Sulawesi, Berharap Gubernur NTB Jadi Presiden
Dokter Asrul Sani dan Pilkada DKI Saling Kejar

Dokter Asrul Sani : Banyak Keterlibatan Allah di Puskesmas

Sampai disana debat panjang itu. Karena kami akhiri dengan tawa, karena saya menjawab, berarti jika dikaitkan antara Jokowi yang memiliki Bakso Solo dengan calon gubernur NTB, maka …….(kami sepakat) ada nama Kerake, Nasi Puyung, Ayam Taliwang, dan Sate Bulayak dalam Pilkada NTB 2018. 

Masih panjang sih debatnya, tapi males ah, ngebahasnya. Enggak ada anggaran, kata lok apatis. Jadi baiknya, saya promosi wisata kuliner aja. Meskipun enggak ada anggarannya. Tapi semoga ada hikmahnya.

Kue Kerake

Kue Kerake adalah makanan khas Asli Lombok Timur.   Kaitannya dengan Pilkada NTB apa?. Enggak ada apa-apa, karena tulisan ini sebatas ingin promosi wisata kuliner yang ada di masing-masing kabupaten (tapi terserah sih). Termasuk Bakso Solo? Ya. Karena saya senang melihat geliat usaha sahabat-sahabat Juwitour.

Harapannya, pingin dapat berkah dari promosi itu. Semoga yang kuasa Allah SWT meridhai imbasnya untuk para hambanya pengais rizki (makin laris, amin, hehe). Jadi hikmahnya semoga juga ngalir ke Aku dan yang Ngeshare tulisan ini.

Tapi sebelum promosi Kue Kerake, karena Aku berasal dari Lombok Timur dan merupakan seorang yang ngefans dengan kepemimpinan Ali BD dan Putranya yaitu Yth. drg.H. Asrul Sani,M.Kes  maka aminkan saya dan semua Semeton Ali BD berdo’a semoga beliau menjadi Gubernur NTB. 

Aku sih enggak deket-deket amat ama Ali Bin Dachlan, bakal calon Gubernur itu, tapi ya, gua suka aja ma kepemimpinannya. Kok Jadi bahasa Jakarta?. Dikit aja engak apa-apa, sekalian ngingat Pilkadanya. Moga jadi doa untuk Anies – Sandiaga menang. Ngelantur. Biarin, Aminkan aja. Karena memperjuangkan pemimpin yang baik itu, adalah bagian daripada upaya untuk kemaslahatan ummat.

Trus Soal Kerake dan Ali BD?. Hehe kebetulan, Kerake itu berasal dari Kelayu. Ali BD pun berasal dari Kelayu. Kelayu adalah sebuah tempat yang namanya tercatat sebagai kelurahan. Kelayu juga merupakan asal dari Tuan Guru Umar.  Sampai disini aja ya. Cz mau konsen bahas Wisata Kuliner.

Soal Ali BD dan Tuan Guru Umar, silak bace browsing lek WIKIPEDIA, buku-buku terkait Ali BD, seperti sang Pendobrak, Buku Kekuasaan untuk Rakyat, Buku Pintar Suku Sasak, 10 Alasan Oknum Bertanda Kutip Membenci Ali BD, Buku Simpul NTB : Ali BD dalam Ensiklopedia Ulama-Belum Terbit, hehe, dsb Dan untuk Tuan Guru Umar, bisa dibrowsing di BLOG ini dan juga buku Tuan Guru Umar, Lombok Poros Mekah Nusantara, dsb


Trus Kalau soal Ayam Taliwang, Sate Bulayak dan Nasi Puyung serta kaitannya dengan Pilkada NTB? Udah ta bilang, g ada kaitanya dengan Pilkada NTB. Ada sih, tapi dikit. Untuk minjem tema aja. Cz, banyak yang lagi melek soal Pilkada, kalau soal Kuliner sih Tergantung Dompet.

Tapi soal Ayam Taliwang, Sate Bulayak dan Nasi Puyung baca di Menu terkait. InsyaAllah, semoga bermanfaat untuk sahabat-sahabat pengusaha kita.    

Menu Terkait

Pilkada NTB 2018, Kerake dan  Ayam Taliwang
Perolehan Suara Pikada NTB, Kerake dan Nasi Puyung
Pemilihan Gubernur NTB, Kerake dan Sate Bulayak
99 Hikmah TGB MZM Diihtiarkan Menjadi Presiden
Jakarta Pun Berdo’a TGB MZM Presiden RI
Kata Sulawesi, Berharap Gubernur NTB Jadi Presiden
Dokter Asrul Sani dan Pilkada DKI Saling Kejar
Asrul Sani : Banyak Keterlibatan Allah di Puskesmas


Pengumuman

Tulisan dengan warna berbeda adalah link informasi terkait. Bisa di KLIK untuk nenuju ke sana. Mohon Maaf, untuk sementara waktu jika LINKnya tidak tepat. Yang jelas bukan SPAM dan InsyaAllah kami berniat baik. Khusus untuk LINK Ali BD, mengajak Anda ke Link Facebook Semeton Ali BD dan Websitenya. Dukung dan doakan kami menyebarkan manfaat informasi ini dengan SHARE melalui  media yang ANDA miliki.