Contoh Profil Dusun dari Kondisi Geografis Sampai Kondisi Sosial



JUWITOURDESA. Profil Dusun adalah sebuah dokumen tertulis tentang keberadaan sebuah dusun. Tidak jauh berbeda dengan profil desa, profil dusun juga memuat hal-hal penting terkait keberadaan dusun, mulai dari kondisi geografis sampai keadaan sosial budayanya.

Berikut ini kami lansirkan contoh profil dusun yaitu dusun Selorejo, Desa Wukisari, Kecamatan Cangkrigngan, Kabupaten Sleman yang kami kutip dari berbagai sumber.


1. Profil Umum

Dusun selorejo terletak di Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Lokasinya terletak 4 Km dari Pakem, dan kurang lebih 20 Km ke utara  dari pusat kota Yogyakarta. Dusun Selorejo merupakan dusun yang terdiri dari 3 kampung, yaitu Kampung Selorejo, Kampung Keten dan Kampung Ngentak. Dusun ini terletak pada lokasi yang strategis, yaitu terletak di dekat jalan antar kota, jalan Pakem-Kalasan.

Dusun ini memiliki potensi pertanian, perikanan dan peternakan yang tinggi. Dari segi pertanian, lahan persawahan dan perkebunan di dusun ini sangatlah subur. Wilayahnya yang berada pada lereng gunung Merapi menjadikan tanah di wilayah ini sangat cocok untuk daerah pertanian, selain itu wilayah ini memiliki potensi air yang sangat melimpah.

Air yang mengalir dari sungai yang memiliki debit yang besar dan kondisi airnya yang jernih menjadikan wilayah ini sangat cocok untuk sektor perikanan. Tanah yang subur dan iklim yang sejuk juga menambah potensi dusun ini di sektor peternakan, karena dengan adanya tanah yang subur, rumput pakan ternak tersedia sangat banyak dan juga iklim yang sejuk menjadikan ternak menjadi lebih sehat.

Kegiatan sosial kemasyarakatan di Dusun Selorejo terbina sangat baik. Kegotongroyongan masih menjadi tradisi yang dibina dengan baik oleh warga di dusun ini. Kerukunan warga menjadikan dusun ini sangat nyaman ditempati. Walaupun perbedaan kondisi sosial-ekonomi  maupun agama, masyarakat dusun ini menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu sisi positif yang dilandasi dengan tenggang rasa yang tinggi.

2. Kondisi Geografis

Padukuhan Selorejo terletak antara 438.000 – 438.500 mT dan 9.154.200 – 9.155.400 mU. Luas total Padukuhan Selorejo adalah 597.447 m2. Padukuhan Selorejo terdiri atas 3 Dusun, yaitu Dusun Ngentak, Dusun Keten dan Dusun Selorejo. Dusun Ngentak meliputi RT 3 dan RT 4 dan termasuk dalam RW 28. Dusun Keten meliputi RT 2 dan Dusun Selorejo meliputi RT 1 dan termasuk dalam RW27

3. Batas Dusun


Secara administatif batas Padukuhan Selorejo adalah :

  • Sebelah utara adalah Dusun Surodadi
  • Sebelah timur Dusun Plupuh
  • Sebelah selatan Dusun Kiyaran 
  • Sebelah barat adalah Dusun Bedoyo, Cancangan dan Tanjung.

2.     Kependudukan

Dusun Selorejo memiliki jumlah Kepala Keluarga sejumlah 105. Jumlah Penduduk dusun ini sebanyak  X jiwa. Terdiri dari X jiwa berjenis kelamin laki-laki dan x jiwa berjenis kelamin perempuan. Struktur penduduknya adalah sebagai berikut :
  • 0-5       tahun : ?
  • 6 – 12   tahun : ?
  • 13 – 17  tahun : ?
  • 18 –  45  tahun :?
  • 45  – 60 tahun : ?
  • > 60      tahun : ?

3.   Sosial, Ekonomi dan Budaya

Dusun Selorejo memiliki penduduk yang mayoritas beragama Islam, setelah itu beragama Kristen dan Khatolik. Kerukunan beragam di dusun ini terbina dengan baik.

Budaya yang ada dalam masyarakat masih terjaga dengan baik. Tradisi -tradisi seperti syukuran, tahlilan, dan berbagai upacara adat jawa masih terjaga dengan baik di susun ini.

Sebagian besar Penduduk di Dusun Selorejo bermata pencaharian sebagai petani. Namun hampir semua penduduk di dusun ini memiliki lahan pertanian, walaupun pekerjaan utama mereka bukanlah petani. Selain di sektor pertanian, Penduduk di dusun ini memiliki usaha sampingan di sektor perikanan dan peternakan.


4. Sarana dan Prasarana

Dusun Selorejo memiliki sarana prasarana sebagai berikut :
  • Masjid          : 1 buah
  • Mushola      : 2 buah
  • Gereja          : 1 buah
Demikianlah contoh profil dusun yang dikutip dari berbagai sumber, semoga bermanfaat dan terimakasih untuk penulis.