Sejarah Dusun Mawar Kidul, Bedono, Jambu, Semarang


JUWITOURDESA.
Dusun Wawar Kidul terletak di Desa Bedono Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Terdapat banyak aspek baik dari segi sosial maupun budaya,seperti berikut ini. Dusun ini berdiri sejak zaman nenek moyang dulu.

Dikisahkan, pada zaman dahulu di kota Yogyakarta ada kejadian panas dan panceklik. Dari kejadian itu orang yogya pun banyak yang merantau dan ada 2 orang yang merantau seorang perempuan dan laki-laki yang bernama Kyai Kentol dan Nyai Roro Mendhut.

Dilansir dari makalah dusun ini bahwa Kyai Kentol dan Nyai Roro Mendhut dikaruniai seorang anak laki-laki dan satu-satunya yang diberi nama Jugel.

Dari tahun ke tahun bertambah besar Jugel. Lalu menikahlah Jugel dengan seorang perempuan dan dikaruniai seorang anak laki-laki yang diberi nama Awar-awar. Bertambah besar Awar-awar ia pun menikah. Pada pernikahan Awar-awar, Kyai Jugel memberikan tali asih kepada Awar-awar.

Jika sudah banyak orang yang tinggal di tempat ini maka akan diberi nama Dusun Wawar. Dari tahun ke tahun pun semakin banyak orang yang membangun rumah di dusun Wawar ini. Sehingga didefinetifkan menjadi Dusun Mawar Kidul yang berdesa di Bedono, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang.

Bagi Anda yang ingin mengdakan penelitian di Desa ini, semoga Artikel ini bermanfaat. Jangan puas dengan sumber yang satu. Cari juga sumber lain terkait profil desa ini yang bisa juga Anda dapatkan di blog ini. Terimakasih.